fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Penderita Endometriosis: Tips dan Cara Hamil Meski Dengan Tantangan!

August 13, 2024 by admin0
artikel-2024-08-13T134705.539.png

Sebagian besar wanita dengan endometriosis juga mengalami masalah kesuburan atau infertilitas. Namun, ada cara bagi penderita endometriosis untuk hamil.  Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan yang melapisi bagian dalam dinding rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim, baik itu di usus, ovarium, atau dinding rongga panggul. Wanita dengan endometriosis sering mengalami gejala seperti sakit di perut bawah dan panggul, nyeri saat buang air kecil maupun besar, dan perdarahan berlebih selama menstruasi.

 

Pengaruh Endometriosis terhadap Kesuburan

Beberapa alasan mengapa endometriosis seringkali disertai dengan masalah kesuburan atau infertilitas adalah sebagai berikut:

  • Menghentikan sel telur untuk masuk ke rahim
    Sel telur tidak dapat masuk ke rahim jika ada endometriosis pada tuba falopi.
  • Menyebabkan kerusakan pada sel telur dan sperma
    Endometriosis dapat menyebabkan peradangan yang merusak sel telur dan sperma. Ini sangat mengganggu kesuburan dan dapat mencegah pembuahan.
  • Menimbulkan ketidaknyamanan selama berhubungan seksual
    Wanita dengan endometriosis biasanya enggan melakukan hubungan seksual karena mereka mengalami nyeri atau sakit saat berhubungan seksual.
  • Menurunkan tingkat hormon hCG
    Studi menunjukkan bahwa wanita dengan endometriosis memiliki tingkat human chorionic gonadotropin (hCG) yang lebih rendah. Ini adalah fakta bahwa hormon ini sangat penting untuk menjaga kehamilan.

Selain faktor-faktor di atas, pengobatan endometriosis sendiri juga dapat menyebabkan kesulitan untuk hamil. Ini karena penderita endometriosis mungkin diberi terapi hormon, seperti pil KB, untuk meredakan gejalanya. Sayangnya, penggunaan pil KB tidak akan mencegah kehamilan.

 

Upaya Hamil untuk Wanita yang Mengalami Endometriosis

Jika pasien mengalami endometriosis, yang dapat mengganggu kesuburan mereka, ada beberapa prosedur yang dapat dijalani untuk mendapatkan kehamilan. Prosedur-prosedur ini bervariasi tergantung pada usia pasien dan tingkat keparahan endometriosis:

  • Inseminasi buatan
    Perempuan dengan endometriosis yang masih dianggap ringan, tuba falopi yang normal, dan pasangan yang memiliki kualitas sperma yang baik biasanya disarankan untuk melakukan inseminasi buatan atau IUI. Pemberian obat-obatan yang meningkatkan kesuburan biasanya mendukung upaya ini.
  • In vitro fertilization (IVF), juga dikenal sebagai bayi tabung
    Jika upaya kehamilan melalui inseminasi buatan dan pengobatan kesuburan tidak berhasil, in vitro fertilization (IVF), juga dikenal sebagai bayi tabung, adalah metode lain yang disarankan. Namun, ada juga prosedur bayi tabung yang dapat dilakukan secara langsung tanpa IUI. Prosedur ini lebih disukai untuk wanita di atas 35 tahun yang mengalami endometriosis stadium 3 atau 4 dan memiliki lebih dari satu faktor risiko infertilitas.
  • Operasi
    Untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri yang disebabkan oleh endometriosis, jaringan endometriosis kadang-kadang perlu diangkat melalui tindakan pembedahan. Meskipun demikian, operasi ini mungkin perlu dilakukan lebih dari satu kali, sehingga dapat terbentuk jaringan parut di bekas luka, yang meningkatkan risiko gangguan kesuburan. Oleh karena itu, untuk mempertimbangkan manfaat dan risiko operasi secara menyeluruh, pahami manfaat dan kekurangan sebelum memutuskan untuk menjalaninya.

Memang, kehamilan dengan endometriosis lebih rentan terhadap komplikasi daripada kehamilan normal, seperti kelahiran prematur, gangguan plasenta, dan preeklamsia. Namun, kemungkinan ini dapat diantisipasi dengan menjalani pemeriksaan menyeluruh oleh dokter.

Berita baiknya adalah bahwa banyak wanita dengan endometriosis berhasil melahirkan bayi yang sehat. Sangat penting untuk berbicara dengan dokter tentang kondisi endometriosis yang Anda alami dan rencana kehamilan Anda. Dengan demikian, dokter dapat membantu Anda merencanakan kehamilan dan memberikan saran dan tindakan yang tepat untuk mengatasi keluhan Anda.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.