fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Kenali ICSI dan IMSI: Inovasi Canggih dalam Program Bayi Tabung

August 22, 2024 by admin0
artikel-2024-08-22T091843.811.png

Teknologi Reproduksi Berbantu (TRB) telah mencapai banyak kemajuan yang telah menghasilkan berbagai teknik program bayi tabung (in vitro fertilization/IVF). Salah satunya adalah kehadiran metode injeksi sperma intrasitoplasmik (ICSI atau intracytoplasmic sperm injection) dan metode yang serupa tetapi morfologis diseleksi sperma (IMSI atau intracytoplasmic morphologically selected sperm injection). Kedua metode ini dikembangkan dengan tujuan meningkatkan tingkat keberhasilan kehamilan dalam program bayi tabung.

Seperti namanya, fertilisasi (pembuahan) sel telur dalam program bayi tabung atau IVF terjadi secara in vitro, atau di dalam laboratorium. Prosedur ini dapat dilakukan secara konvensional melalui teknik ICSI dan IMSI, tetapi metode-metode ini berbeda dalam cara sel sperma dimasukkan ke dalam sel telur.

 

IVF Konvensional

Metode ini menempatkan satu sel telur dan beberapa sperma di dalam cawan petri. Secara alami, sel sperma dibiarkan “berkompetisi” untuk mencapai sel telur. Pada akhirnya, hanya satu sel sperma yang akan membuahi sel telur. Sel sperma ini harus dapat menembus zona pelusida sel telur secara mandiri.

 

ICSI

Dengan teknik ini, ahli embriologi terlebih dulu akan memilih sel sperma melalui mikroskop khusus yang diperbesar 400 kali. Kemudian, menggunakan jarum khusus, sel sperma yang telah dipilih akan disuntikkan ke dalam sel telur.

 

IMSI

Ini adalah metode ICSI yang lebih canggih, yang juga disebut sebagai Super-ICSI. IMSI menggunakan mikroskop berlensa khusus yang memungkinkan pemilihan sperma diperbesar hingga 6.000 kali. Dengan menggunakan teknik ini, ahli embriologi dapat memeriksa struktur sel sperma secara menyeluruh untuk menemukan kemungkinan kelainan atau kecacatan pada bagian-bagian sperma seperti kepala, bagian tengah, atau ekor. Setelah itu, jarum khusus akan digunakan untuk menyuntikkan sperma yang dipilih ke dalam sel telur.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.