fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Alkohol dan Rokok: Musuh Besar Kualitas Sperma

October 14, 2024 by admin0
artikel-20.png

Rokok dan alkohol memengaruhi kesehatan Anda selain kesuburan Anda, salah satunya kualitas sperma. Jika ayah sering merokok dan mengonsumsi alkohol, dia akan mengalami masalah kesehatan yang signifikan, termasuk masalah kesuburan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa ada lebih dari 7.000 bahan kimia di dalam sebatang rokok, dengan 250 bahan kimia yang menyebabkan kanker. Alkohol, seperti rokok, berbahaya bagi kesuburan, termasuk sel telur dan sperma. Bahkan, pasangan yang ingin hamil tidak boleh mengonsumsi alkohol.

 

Efek Merokok pada Sperma

Ayah, Anda harus tahu jika rokok mengandung zat berbahaya yang tinggi, seperti nikotin. Di mana nikotin dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti masalah irama jantung dan perubahan denyut jantung karena nikotin dalam rokok konvensional dan vape dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada saluran pernapasan. Bisa menyebabkan penyakit kronis dan asma jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Karena rokok mengandung nikotin dan zat berbahaya di dalamnya, pembakaran rokok menghasilkan radikal bebas yang dapat memengaruhi proses produksi sperma. Hal ini dapat memengaruhi kondisi kesuburan seseorang. Nikotin juga dapat melepaskan zat kimia yang disebut dopamin, yang bahkan lebih cepat sampai ke otak daripada alkohol, hanya dua puluh detik setelah hisapan pertama.

 

Bagaimana Alkohol Mempengaruhi Kesuburan

Jika ayah sedang menjalani program hamil, sebaiknya mereka berhenti mengonsumsi alkohol. Ini karena alkohol dapat memengaruhi bentuk, jumlah, dan cara sperma bergerak. Alkohol yang masuk melalui darah akan sampai ke testis, di mana ia memiliki kemampuan untuk merusak dan mengubah bentuk sperma.

Salah satu tanda bahwa sperma sehat adalah bentuknya yang normal, termasuk kepala, leher, bagian tengah, dan ekor panjang. Namun, jika sang ayah minum alkohol, ekornya dapat mengeriting atau rusak. Jenis cacat ini dapat menghalangi sperma untuk sampai ke sel telur. Mengonsumsi alkohol juga dapat mengurangi jumlah sperma. Ini karena penurunan hormon testosteron, yang bertanggung jawab atas produksi sperma.

Sebaliknya, pada pria, hormon estrogen akan meningkat, yang dapat mengakibatkan penurunan jumlah dan kualitas sperma setelah mengonsumsi alkohol.

Selain memengaruhi jumlah dan bentuk sperma, kebiasaan minum alkohol juga dapat mengurangi gairah seksual pria. Kondisi ini juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi atau impotensi, yang pada gilirannya dapat mengurangi kualitas hubungan.

Akankah Ayah sekarang menyadari dampak negatif merokok dan alkohol terhadap kesuburan? Jika Ayah berencana untuk menikah dengan pasangannya, dia harus menghindari hal ini. Periksa kondisi kesuburan Ayah dan ubah gaya hidup Anda untuk lebih sehat!

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.