fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Mau Cepat Hamil? Yuk, Kurangi Kafein dengan Cara Ini!

August 27, 2024 by admin0
artikel-2024-08-27T092949.243.png

Apakah benar bahwa kafein dapat mengganggu kesuburan? Kafein adalah senyawa yang ditemukan dalam makanan seperti kopi, cokelat, teh, dan soda. Dipercaya dapat meningkatkan mood dan konsentrasi karena dapat merangsang otak dan sistem saraf pusat.

Orang yang menyukai kafein juga percaya bahwa bahan ini dapat meningkatkan energi, meringankan rasa lelah, dan membantu tubuh dan pikiran tetap terjaga. Namun, banyak orang yang mempertanyakan apakah kafein dapat mengganggu kesuburan. Istilah atau bukti, ya?

 

Apakah Konsumsi Kafein Bisa Ganggu Kesuburan?

Tidak banyak orang yang mempertanyakan efek samping kafein terhadap kesuburan, dan beberapa orang mengonsumsinya lebih dari sekali setiap hari. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Reproductive Toxicology menemukan bahwa pria yang mengonsumsi lebih dari 300 mg kafein setiap hari memiliki kemungkinan lebih rendah untuk hamil daripada pria yang mengonsumsi hanya 100 mg kafein setiap hari.

Menurut penelitian lain yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan aneuploidi suatu kondisi kromosom yang tidak normal yang disebabkan oleh kesalahan yang terjadi selama proses pembelahan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Epidemiology, konsumsi kafein pada wanita dapat meningkatkan kemungkinan keguguran dini, bahkan dua kali lipat, tetapi jurnal tersebut juga menyatakan bahwa pasangan yang sedang menjalani perawatan kesuburan tidak mengalami efek samping dari konsumsi kafein.

 

Tips Mengurangi Kafein untuk Kesuburan

Apakah ayah dan ibu sering mengkonsumsi kafein? Mengingat bahwa konsumsi berlebihan dapat membahayakan kesehatan, Ayah Bunda dapat mengikuti beberapa saran berikut:

  • Menurunkan secara bertahap
    Jika Ayah Bunda ingin berhenti mengonsumsi kafein, cobalah untuk menurunkannya secara bertahap. Misalnya, jika dia minum dua gelas kopi setiap hari, cobalah menguranginya menjadi satu gelas setiap hari. Jumlah kopi yang dikonsumsi Ayah Bunda juga akan terus menurun secara bertahap. Ini karena jika Ayah Bunda langsung berhenti konsumsi kopi secara mendadak, itu bisa berdampak negatif pada kesehatannya.
  • Ganti minuman dengan yang lebih sehat
    Mengubah kafein menjadi minuman yang lebih sehat juga bisa dicoba. Ayah Bunda bisa minum teh herbal tanpa kafein, air lemon hangat, atau jus buah. Minum air putih juga jauh lebih baik daripada kafein dan membantu membersihkan tubuh.
  • Konsumsi minuman mengandung susu
    Mengonsumsi susu atau minuman yang mengandung susu juga membantu Anda secara bertahap mengurangi konsumsi kafein Anda, meskipun susu rendah lemak lebih baik.
  • Menyibukkan diri dengan kegiatan yang sehat
    Melakukan aktivitas fisik yang sehat, seperti yoga dan meditasi, bisa membantu Anda menjadi lebih rileks dan merasa lebih bugar, sehingga Anda lebih fokus.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.