fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Adhesi Pelvis yang Mengganggu Kesuburan

September 11, 2024 by admin0
artikel-2024-09-11T144204.935.png

Adhesi adalah tumpukan jaringan fibrosa atau jaringan parut yang memiliki hubungan antara organ. Kondisi ini dapat terjadi pada organ atau bagian mana pun di tubuh Anda, seperti rongga perut, panggul, dada, mata, dan ruang di sekitar sendi. Adhesi dapat membantu penyembuhan jaringan atau menyebabkan komplikasi, tergantung pada penyebabnya dan lokasinya.

Dalam kebanyakan kasus, organ-organ di dalam rongga perut dapat saling meluncur bebas. Organ-organ saling menempel, menghalangi pergerakannya karena adhesi. Selanjutnya, ini dapat menyebabkan masalah seperti infertilitas, obstruksi usus, nyeri kronis, atau batas pergerakan sendi yang lebih kecil.

Sejauh ini, adhesi yang paling sering terjadi adalah adhesi intraabdomen (antarorgan dalam perut) dan adhesi pelvis (antarorgan dalam panggul). Cedera pada peritoneum (selaput rongga perut dan panggul) biasanya menjadi penyebabnya dan merupakan bagian normal dari proses penyembuhan luka. Adhesi tidak selalu menyebabkan masalah; namun, jika terjadi, itu dapat sangat parah dan luas.

 

Penyebab Adhesi Pelvis

Adhesi paling sering terjadi setelah operasi di dalam rongga perut atau sebagai hasil dari infeksi karena itu adalah bagian dari proses penyembuhan luka dan reaksi peradangan. Jaringan parut terbentuk baik di dalam maupun antar jaringan karena fibroin menumpuk selama proses penyembuhan luka.

Pasca operasi panggul, seperti operasi Caesar, pengangkatan endometriosis, atau pengangkatan kista ovarium, jaringan parut sering terjadi di area panggul. Selain itu, reaksi terhadap infeksi, seperti penyakit radang panggul, atau kelainan, seperti endometriosis dan apendisitis, dapat menyebabkan adhesi. Namun, ada beberapa situasi di mana penyebab adhesi pelvis ini tidak dapat ditemukan.

 

Gejala Adhesi Pelvis

Jaringan parut yang menyebabkan adhesi mungkin tidak menunjukkan gejala atau masalah apa pun. Namun, pada beberapa wanita, gejala-gejala ini dapat muncul:

  • Nyeri di area perut atau panggul. Nyeri dapat terjadi secara lokal atau jauh di dalam panggul.
  • Menstruasi yang sulit
  • Rasa sakit saat berhubungan seks Ini dapat terjadi ketika ovarium terjebak oleh jaringan parut, yang menyebabkan rasa sakit saat penetrasi.
  • Perut Anda bengkak.
  • Setiap kali buang air besar, itu nyeri. Obstruksi usus, atau usus tersumbat, dapat terjadi karena adhesi yang padat menyebabkan penyempitan usus yang disebut striktur.
  • Sulit untuk buang air kecil Adhesi mengurangi kemampuan kandung kemih untuk dikosongkan dan menyebabkan nyeri dan sering buang air kecil. Kondisi ini juga dapat disalahartikan sebagai sistitis atau peradangan kandung kemih.
  • Infertilitas Jaringan parut dapat membuat ovarium bergerak dari tempatnya yang biasanya berada atau menyumbat saluran tuba, yang mengganggu proses ovulasi dan membawa sel telur melalui saluran ini. Selain itu, adhesi dapat menyebabkan organ panggul saling menempel secara tidak normal, seperti usus ke rahim atau rahim ke kandung kemih. Keberhasilan pembuahan dan kehamilan pasti akan terhambat oleh kondisi-kondisi ini, terlepas dari penggunaan metode reproduksi berbantu seperti program bayi tabung. Ada kemungkinan kehamilan ektopik jika pembuahan terjadi.

Adhesi pelvis juga dapat menyebabkan sindrom Asherman, yang disebabkan oleh adhesi di dalam rongga rahim, yang menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur dan kesulitan hamil.

 

Pengobatan Adhesi Pelvis

Prosedur adhesiolisis laparoskopik digunakan untuk pengobatan adhesi pelvis hanya jika gejalanya mengganggu. Metode ini dianggap minimal invasif dan hanya memerlukan tiga hingga empat sayatan kecil dengan panjang masing-masing 5-10 mm. Dalam salah satu sayatan, selang kecil yang dilengkapi dengan kamera (laparoskop) dimasukkan. Dokter kemudian, dipandu oleh kamera ini, memasukkan instrumen kecil melalui sayatan tambahan untuk mengangkat adhesi dan memperbaiki area di sekitarnya.

Dengan kemajuan teknologi instrumen laparoskopi dengan resolusi 4K Ultra High Definition dan Full HD, dokter dapat memvisualisasikan operasi rongga perut yang mencakup pembuluh darah, saraf, dan organ internal dengan jelas dan lapang pandang. Ini menghasilkan peningkatan akurasi operasi.

Pastinya nyeri dan komplikasi pasca operasi berkurang karena sayatan yang lebih kecil. Wanita dapat kembali beraktivitas normal lebih cepat karena waktu pemulihan yang lebih singkat, hanya 1-2 hari, dibandingkan minggu setelah operasi terbuka. Namun, waktu pemulihan bervariasi tergantung pada berat adhesi dan jumlah sayatan yang diperlukan untuk menghilangkan.

Kesuksesan prosedur dan kemungkinan kekambuhan adhesi bergantung pada waktu adhesiolisis dan konsistensi adhesi. Sebuah penelitian menemukan bahwa adhesi tipis, seperti lapisan film, yang dilakukan beberapa hari atau minggu setelah operasi awal, memiliki peluang yang jauh lebih rendah untuk terbentuk kembali setelah adhesiolisis (5 dari 22 pasien atau 23 persen) dibandingkan dengan adhesi yang lebih padat, tebal, dan luas (8 dari 9 pasien atau 89 persen).

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa, karena adhesi pelvis merupakan jaringan parut, sangat penting bagi wanita untuk mencari ahli bedah yang terlatih untuk mengurangi risiko munculnya jaringan parut tambahan.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.