fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Tips Cerdas bagi Calon Ayah agar Lebih Subur

September 17, 2024 by admin0
artikel-2024-09-17T111925.597.png

Yuk, pelajari bagaimana peran ayah dalam program hamil. Tidak hanya Bunda, tetapi juga ayah memiliki peran penting dalam keberhasilan promil. Bunda yang lebih dulu dicurigai memiliki masalah seringkali terjadi ketika pasangan yang menikah tidak segera memiliki anak. Namun, peran ayah dalam program hamil adalah sama pentingnya.

Keberhasilan program hamil sangat dipengaruhi oleh gaya hidup, kualitas sperma, dan pemahaman tentang elemen seperti kebiasaan seksual ayah. Karena tidak semua pria memiliki jumlah dan kualitas sperma yang ideal untuk mendukung kehamilan, beberapa Ayah mungkin tidak menyadari beberapa faktor gaya hidup yang dapat menghambat kehamilan pasangannya.

 

Pentingnya Peran Ayah dalam Program Hamil

Mengunjungi dokter kandungan atau klinik fertilitas setelah satu tahun menanti buah hati dapat membantu Ayah dan Bunda mewujudkan keinginan mereka untuk memiliki anak. Untuk mewujudkan impian bersama ini, ayah juga harus hadir. Berikut adalah beberapa peran ayah dalam mendukung keberhasilan kehamilan Bunda:

Konsultasi Kesehatan

Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui apakah ayah mengalami faktor risiko atau kondisi medis yang dapat menyebabkan infertilitas. Ini termasuk pengujian untuk masalah hormon seperti:

  • Hipotiroidisme
  • Hiperprolaktinemia
  • Hipogonadisme

Selain itu, dokter juga akan memeriksa riwayat medis Ayah, termasuk:

  • Riwayat infeksi pada kelenjar dan saluran genital
  • Penyakit sistemik
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Serta riwayat tindakan medis atau kanker yang dapat berpotensi memengaruhi kesuburan

Selain itu, dokter akan memeriksa gangguan kesehatan seperti kelainan genetik, varikokel, testis yang tidak turun, atau gangguan saluran genital lainnya yang dapat memengaruhi kesuburan.  Selain itu, masalah seksual seperti anejakulasi atau ejakulasi tertunda, ejakulasi retrograde, atau masalah ereksi akan menjadi subjek pemeriksaan karena dapat menjadi faktor risiko yang signifikan untuk infertilitas.

Dengan melakukan pemeriksaan ini, dokter dapat menemukan penyebab potensial infertilitas dan merencanakan perawatan medis yang tepat untuk membantu ayah hamil.

Pergeseran Gaya Hidup

Ayah dapat memainkan peran penting dalam mendorong perubahan gaya hidup yang lebih sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas sperma. Kesehatan reproduksi juga dapat diperbaiki dengan menghindari merokok, mengurangi alkohol, dan menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, ayah harus menghindari kontak dengan bahan-bahan berbahaya yang dapat merusak kualitas sperma, seperti pestisida dan bahan kimia beracun.

Menjaga Keadaan Reproduksi

Langkah penting bagi ayah untuk mendukung kesuburan dan kesejahteraan reproduksinya adalah menjaga kesehatan reproduksinya. Menghindari paparan panas yang berlebihan pada area genital adalah salah satu tindakan yang dapat diambil. Suhu testis dapat meningkat di atas suhu ideal di sauna atau jacuzzi. Ini dapat merusak atau mengganggu produksi sperma. Menghindari paparan panas berlebihan, terutama di area genital, sangat penting untuk menjaga kesehatan reproduksi karena panas yang berlebihan dapat menghambat perkembangan dan kualitas sperma, sehingga mengurangi kemungkinan kehamilan.

Ayah kemudian harus menghindari menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat. Ini karena pakaian yang terlalu ketat dapat meningkatkan suhu di daerah genital, yang dapat mengganggu suhu yang ideal untuk produksi sperma yang sehat. Pakaian yang lebih longgar memungkinkan udara untuk sirkulasi dengan lebih baik di sekitar area genital, menjaga suhu testis stabil, dan membantu menjaga kualitas sperma yang terbaik.

Mengurangi Stress

Ayah dapat membantu Bunda mengurangi stres; stres yang berlebihan dapat memengaruhi keseimbangan hormon dan fungsi reproduksi, sehingga dapat mengganggu kesuburan. Menyediakan waktu untuk bersantai bersama, berbagi tanggung jawab rumah tangga, dan mendukung Bunda secara emosional dan fisik dapat membantu mengurangi stres dan menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk kehamilan.

Memahami Siklus Haid dan Ovulasi

Sangat penting bagi Ayah untuk memahami dan memahami secara menyeluruh siklus menstruasi dan ovulasi Bunda karena dengan memahami siklus ini, Ayah akan lebih baik dalam mengidentifikasi waktu subur Bunda. Sangat penting bagi pasangan untuk mengetahui kapan mereka sedang berada dalam periode subur karena saat ini adalah waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual dan meningkatkan kemungkinan kehamilan. Untuk mengetahui periode subur dengan lebih akurat, ayah dapat menggunakan kalender ovulasi untuk mencatat siklus menstruasi Bunda setiap bulan. Kalender ini menghitung perkiraan waktu ovulasi berdasarkan pola siklus Bunda.

Selain itu, ayah juga dapat menggunakan bantuan seperti alat tes kesuburan yang tersedia di apotek. Kit ovulasi dapat membantu menentukan tingkat hormon luteinizing hormone (LH) yang meningkat sebelum ovulasi, memberikan ayah informasi yang lebih akurat tentang waktu subur Bunda.

Menjaga hubungan dengan bunda

Keberhasilan kehamilan sangat dipengaruhi oleh peran ayah dalam berkomunikasi dengan Bunda. Dengan menjadi pendengar yang baik dan memberikan dukungan emosional, ayah menciptakan suasana yang memungkinkan Bunda merasa didukung dan dipahami selama perjalanan kehamilan. Selain itu, Ayah dapat memastikan bahwa Bunda merasa didukung dalam setiap keputusan yang dibuat tentang perawatan pra-kehamilan dengan terlibat secara aktif dalam proses tersebut. Melalui komunikasi yang terbuka, keterlibatan aktif, dan pembagian tanggung jawab, Ayah dan Bunda membentuk tim yang kuat untuk mencapai kehamilan yang sukses.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.